• Jumat, 30 September 2022

Einstein benci dengan penemuannya sendiri! Quantum Entanglement atau Ketertarikan Kuantum

- Jumat, 23 September 2022 | 13:10 WIB
Futuristic glowing low polygonal infinity loop with atom coherence models. Quantum entanglement, future physics science concept. Modern wire frame mesh design vector illustration. (inkoly)
Futuristic glowing low polygonal infinity loop with atom coherence models. Quantum entanglement, future physics science concept. Modern wire frame mesh design vector illustration. (inkoly)

Ilmu Fisika yang dibenci Albert Einstein. Quantum Entanglement! 

Sumber gambar dari Stock Images, Royalty-Free Pictures, Illustrations & Videos - iStoc (http://istockphoto.com)

Telah banyak Ilmuan fisika membuktikan kebenaran dari Quantum fisika yang ditemukan oleh Einstein Semua percobaan -percobaan para ilmuan selalu menemukan hal yang sama. 

Quantum Entanglement atau Keterkaitan kuantum adalah fenomena mekanika kuantum dimana kuantum menyatakan bahwa dua atau lebih objek harus dideskripsikan dengan referensi antar objek, meskipun objek-objek tersebut tidaklah berkaitan secara spasial. Contoh adanya keterkaitan kuantum bisa dilihat pada percobaan dua mata koin pada dua koin atau dua dadu yang dilemparkan bersama-sama. Mata uang koin yang berputar maka selama berputar kita tidak tahu Sisi mana yang tampak karena dua sisi koin itu bercampur kecuali kita stop maka koin itu akan menampakan salah satu sisinya kepala atau ekor nah menurut teori kuantum partikel itu seperti koin tersebut tidak jelas posisinya dan segala sesuatunya kecuali setelah kita ukur dalam kata lain partikel belum menjadi sesuatu yang nyata sampai kita mengukurnya. Nah sekarang bayangkan kalian memutar dua koin lalu kalian stop dua-duanya Lalu bagaimana kalian menyetop nya 2 koin itu selalu menunjukkan Sisi yang berkebalikan kalau yang satunya ekor maka yang satunya kepala atau bayangkan kalian mengocok dua dadu tapi kenapa dua dadu itu selalu menunjukkan angka yang sama. Maka di siini kalian akan merasa seolah2 kok gitu atau dua dadu itu terhubung satu sama lain dan saling mempengaruhi.

Konsekuensi dari teori kuantum akan menimbulkan adanya sebuah fenomena dimana dua partikel bisa saling terhubung satu sama lain atau dalam bahasa Inggrisnya Entanglement sama seperti anak buah partikel ini mempunyai sifat yang sama. Sekalipun dipisahkan efeknya . kalau kalian mengukur salah satunya maka itu akan mempengaruhi hasil pengukuran yang satunya lagi. salah satu contoh kasus adalah Spin. Spin adalah salah satu karakteristik partikel di mana elektron itu seperti magnet yang berputar seperti bumi. Menurut teori kuantum kita tidak akan pernah tahu dia berputar ke arah mana. Walaupun kita mengukurnya karena ada superposisi tadi dan ketika kita mengukurnya maka hanya muncul satu dari dua kemungkinan Spin yaitu berputar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam atau yang sering disebut dan spin down dan spin up. Seandainya Dua elektron merupakan pasangan in Entangle sekalipun dua elektron ini dipisahkan dengan jarak yang yang satu di bumi satunya dimars, maka dua-duanya akan tetap saling mempengaruhi secara instan tanpa jeda.

elektron spin selalu berlawanan arah

Kata Einstein " bagaimana mungkin ada sinyal informasi yang lebih cepat dari cahaya. Sehingga begitu tahu elektron spin up dia memberitahu elektron lain supaya spin down, ini mustahil karena melanggar hukum relativitas". Itulah paradoks yang hendak ditunjukkan Einstein. Tidak mungkin lagi relativitas bekerja seperti itu tidak mungkin dua objek bisa berkomunikasi tanpa salah ruang waktu tidak ada. karena itu dia menyebutnya spookie action arti distance aksi jarak jauh yang terlalu menyeramkan kalau terjadi" .

 

 

Halaman:

Editor: Sintiya Otuh

Sumber: Youtube @rumaheditor

Tags

Terkini

X