• Jumat, 30 September 2022

Ular Banteng atau Bull Snake, Spesies Ular yang Mirip Ular Derik

- Rabu, 21 September 2022 | 06:45 WIB
Ular Banteng atau Bull Snake, spesies ular yang mirip Ular Derik (Foto: Wikipedia)
Ular Banteng atau Bull Snake, spesies ular yang mirip Ular Derik (Foto: Wikipedia)

 

INDEPENDENSIA - Ular banteng atau bahasa latinnya Pituophis Catenifer adalah salah satu spesies ular terbesar dan terpanjang di Amerika Utara dan Amerika Serikat. Panjangnya bisa mencapai 2,5 meter.

Ular banteng dikenal dengan bentuk tubuhnya yang berat, kepala kecil dengan pelindung hidung besar yang berfungsi untuk menggali.

Ular banteng tidak berbisa dan dapat ditemukan di negara diantaranya Amerika Utara, British, Columbia, Kanada, Meksiko Utara-Selatan dan dari California Timur hingga ke Indiana .

Dibeberapa negara seperti Meksiko, ular ini disebut ular banteng. Namun, di Amerika Serikat bagian Barat mereka sering menyebutnya ular gopher serta Amerika Serikat bagian Timur dan Selatan disebut ular pinus (Pituophis melanoleucus)

Baca Juga: WASPADA! Panjang Bisa Capai 5,6 Meter, Kenali Karakter King Cobra Sebelum Berpapasan di Hutan

Ular banteng bisa mencapai panjang hingga 2,5 meter (8 kaki). Warna khas mereka adalah coklat kekuningan atau krem, dengan bercak-bercak gelap.

Ular banteng adalah konstriktor yang sangat kuat yang memakan mamalia kecil seperti tikus, , tikus tanah, tupai tanah, kadal, telur burung, serta burung yang bersarang di tanah

Mereka memiliki kemampuan memanjat yang cukup baik memungkinkan mereka untuk menyerang sarang burung untuk memakan anak burung atau induk. Satu ular banteng bisa memakan lima burung kecil dalam waktu 15 menit. Ular banteng muda bergantung pada kadal kecil, katak , dan bayi tikus.

Meskipun beberapa spesies ular banteng umumnya jinak, namun pada kasus tertentu mereka akan menjadi agresif. Ketika ular banteng mendeteksi objek besar yang mendekat, mereka tampaknya menganggap objek tersebut sebagai pemangsa dan mengambil tindakan defensif.

Halaman:

Editor: ABDUL RAHMAN MAKALUNSENGE

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X