Thailand Pecahkan Pasar Mobil Listrik Tertinggi di Asia Tenggara, Indonesia Kedua

- Rabu, 11 Januari 2023 | 18:36 WIB
Ilustrasi mobil listrik (freepik.com/freepik)
Ilustrasi mobil listrik (freepik.com/freepik)

INDEPENDENSIAThailand menjadi pemimpin pasar kendaraan listrik No. 1 di Asia Tenggara. Melampaui Indonesia, Singapura, dan Malaysia, dengan pangsa penjualan lebih dari 60% dari total penjualan kendaraan listrik di wilayah tersebut pada kuartal ketiga 2022.

Firma riset pasar Counterpoint mengungkapkan bahwa Thailand adalah pemimpin pasar kendaraan listrik di Asia Tenggara.

Dalam tiga kuartal terakhir, ditemukan bahwa Thailand menyumbang 59,2% dari seluruh penjualan kendaraan listrik di wilayah tersebut. Diikuti oleh Indonesia sebesar 25,2% dan Singapura sebesar 11,8%.

Menurut laporan tersebut, pasar kendaraan listrik di Asia Tenggara tumbuh 35% pada kuartal ketiga dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Baca Doa Ini Agar Hubungan Seks Pasutri Tidak Dicampuri Jin Qorin

Dari jumlah ini, 61% adalah kendaraan listrik murni (BEV) dan 39% adalah kendaraan hibrida plug-in (PHEV), tidak termasuk kendaraan hibrida (HEV) dan kendaraan sel bahan bakar (FCEV).

Namun jika dibandingkan dengan seluruh pasar mobil penumpang di Asia Tenggara, Kendaraan listrik hanya akan mencapai 2%, yang diperkirakan akan meningkat secara bertahap.

Dukungan pemerintah baik dari segi regulasi, pemberian dukungan dan langkah-langkah untuk mendorong masyarakat menggunakan mobil listrik di Thailand, Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Counterpoint juga mengungkapkan proporsi penjualan mobil listrik di setiap merek, dengan nomor 1 Wuling yang memiliki pasar penting di Indonesia menyumbang 18,3%, dengan model terlaris.

Halaman:

Editor: Aulian Avicenna Firnaz

Sumber: Counterpoint

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X