Tambah Kemampuan Prajurit, Latihan Pratugas Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif 645/Gty Resmi Dibuka

- Rabu, 19 Januari 2022 | 20:54 WIB
Suasana latihan Pratugas Operasi Satgas Yonif 645/Gty (Dispen TNI AD)
Suasana latihan Pratugas Operasi Satgas Yonif 645/Gty (Dispen TNI AD)

 

INDEPENDENSIA – Komandan Rindam XII/Tpr Kolonel Inf Lucky Avianto SIP MSi, membuka latihan Pratugas Operasi Satgas Yonif 645/Gty Tahun Anggaran (TA) 2022.

 Baca Juga: Ramalan Zodiak Gemini 20 Januari 2022

Kegiatan Pratugas Operasi Satgas ini berlangsung di Lapangan Mako Yonif 645/Gty, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, Selasa 18 Januari 2022.

Dari keterangan tertulis Rindam XII/Tanjungpura, Pratugas Operasi Satgas tersebut, akan dilaksanakan selama 12 hari dengan mengusung tema ‘Satuan Tugas Yonif 645/Gty Kodam XII/Tpr Melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan Darat Republik Indonesia (RI)-Malaysia di Wilayah Kalbar Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI’.

 Baca Juga: Rizky Billar Marah, Lesti Kejora Jadi Bahan Nyinyiran Para Netijen

Hal ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan menguji kesiapan operasi Satgas Yonif 645/Gty dalam melaksanakan operasi pengamanan perbatasan antara RI dengan Malaysia, di wilayah Kalimantan Barat.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto SIP MM dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrindam menyampaikan, Yonif 645/Gty disiapkan untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia. Mereka nantinya akan menggantikan Satgas Yonif Mekanis 643/Wns yang akan purna.

Dijelaskan, permasalahan daerah perbatasan darat RI – Malaysia, khususnya di wilayah Kalimantan Barat cukup kompleks. Tidak hanya masalah tapal batas Negara, tetapi juga ada masalah lain seperti penyelundupan Narkoba, pelintas batas illegal, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

 Baca Juga: Aksi Kocak, Dua Pemuda Gorontalo Turun Ke Sawah untuk Menghindari Operasi Lalulintas

“Ini menuntut kesiapsiagaan para prajurit Satgas Yonif 645/Gty yang akan bertugas, agar bisa membantu menanggulangi serta menyelesaikan persoalan yang dihadapi dengan baik, sesuai prosedur. Untuk menjawab tantangan tugas tersebut, maka Kodam XII/Tpr melalui Rindam XII/Tpr membekali prajurit yang ditugaskan pada Operasi Satgas Yonif 645/Gty. Sehingga mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan tugas yang akan dihadapi,” ujarnya.

Danrindam XII/Tpr Kolonel Inf Lucky Avianto juga menyampaikan, penugasan operasi merupakan sebuah kehormatan, kepercayaan dan kebanggaan. Oleh sebab itu, latihan pratugas ini digelar, agar tugas operasi Pamtas berhasil, sesuai yang diharapkan. “Laksanakan latihan ini dengan penuh rasa tanggungjawab, disiplin, loyalitas dan profesional. Pedomani dan yakini bahwa latihan itu penting. Ingat, kehormatan satuan yang harus kalian jaga, sebab keberhasilan kalian dalam melaksanakan tugas di wilayah perbatasan nanti merupakan salah satu tolak ukur terhadap keberhasilan Pembinaan Satuan di Kodam XII/Tpr,” ungkap Danrindam.

Baca Juga: Ini Misi Sudirman Pelatih Baru Persija

Dia juga mengingatkan, perbatasan merupakan pintu gerbang negara yang perlu mendapatkan perhatian khusus dan serius bagi kedaulatan sebuah negara. Sehingga perlu dilakukan upaya memperkuat penjagaan dan pengamanan di perbatasan. “Keberadaan kalian di daerah perbatasan nanti harus berdampak. Harus ada manfaatnya dan memiliki arti bagi kehidupan masyarakat. Sesuai dengan Tujuh perintah harian Kasad, yang salah satunya adalah TNI harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat, apapun kesulitannya kalian harus jadi solusi,” tegas Kolonel Inf Lucky Avianto. ***

 

Halaman:

Editor: Hendra D

Sumber: Dispen TNI AD

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korsel Bakal Hibakan Tiga Kapal Korvet Ke TNI

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:52 WIB

Polres Bolsel Gelar Giat Anev Bhabinkamtibmas

Kamis, 20 Januari 2022 | 17:55 WIB

TNI AL Survei Lahan di Natuna, Bangun Pangkalan Baru

Kamis, 20 Januari 2022 | 11:20 WIB

Danposal AL Bakal Adakan Pos Penjagaan di Dermaga

Kamis, 20 Januari 2022 | 06:45 WIB

TNI AL Pacu Vaksinasi, Kini Capai Jutaan Jiwa

Rabu, 19 Januari 2022 | 18:48 WIB

Rudal Bawa Laut Buatan Dalam Negeri Dipublikasikan

Rabu, 19 Januari 2022 | 06:15 WIB

Terpopuler

X