19 Simpatisan Lukas Enembe Diamankan, 1Tercatat Tertembak dan Meninggal Dunia

- Rabu, 11 Januari 2023 | 19:29 WIB
Aparat keamanan berusaha membubarkan massa yang membuat kerusuhan karena tidak puas dengan penangkapan Lukas Enembe oleh KPK.
Aparat keamanan berusaha membubarkan massa yang membuat kerusuhan karena tidak puas dengan penangkapan Lukas Enembe oleh KPK.

INDEPENDENSIA – Drama penangkaan Lukas Enembe membuat massa pendukung orang nomor satu di Papua ini mengamuk di Mako Brimob Kota Raja.

Akibat peristiwa ini, sekira 19 simpatisan Gubernur Papua, Lukas Enembe diamankan pasca kerusuhan di Kota Jayapura tersebut.

Usai penangkapan Lukas oleh KPK, Selasa 10 Januari 2023. Kapolda Papua Irjen Matius D Fakhiri dalam keterangan persnya menyebutkan kerusuhan pada hari penangkapan Lukas Enembe pecah di dua lokasi yakni Mako Brimob Kota Raja dan bandara Sentani Jayapura.

Dua orang ditangkap dalam kerusuhan di Mako Brimob sementara 17 orang lainnya ditahan lantaran memicu kerusuhan di Bandara Sentani.

Baca Juga: Negara Sesali 12 Pelanggaran HAM di Indonesia, Jokowi Berjanji Pulihkan Hak Korban

“Dari 17 yang kita amankan di Kabupaten Jayapura ini ada satu yang kena tembak dan meninggal.”

“Yang berikut yang 16 ini luka-luka dan sudah kita lakukan penanganan kesehatannya,” tegasnya.

Menurut Kapolda, polisi akan memeriksa simpatisan yang diamankan tersebut, apabila tidak terbukti menyerang petugas, Matius memastikan tahanan itu akan segera dilepaskan.

Sementara itu situasi kota Jayapura pada Rabu kembali kondusif meski demikian Polri tetap mengamankan sedikitnya 1.000 personil bersiaga di kota Jayapura. ***

Halaman:

Editor: Aulian Avicenna Firnaz

Sumber: Youtube Kompas TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X