Pemkab Bolsel Hadirkan Inovasi Dangisa dan Si Patakaan, Ini Targetnya!

- Jumat, 2 Desember 2022 | 11:33 WIB

BOLSEL - Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, Spt, membuka acara Launching program Duta Sangadi Sadar Hukum (DANGISA) yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango, Selasa (01/11/2022).

Selain inovasi DANGISA, Bupati juga melakukan Sosialisasi Strategi Terkoordinasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak (SI-PATOKAAN). 

Dalam kesempatan ini, Bupati mengatakan terkait dengan inovasi DANGISA, bertujuan memberikan pemahaman Sangadi dan aparat desa terhadap produk hukum di desa yang masih lemah.

Baca Juga: Pemkab Bolsel Gelar MoU dengan Kantor Cabang Bulog Bolaang Mongondow

“Serta juga mengingat keterbatasan waktu dan anggaran dalam rangka pembinaan produk hukum daerah kepada pemerintah desa, maka dari itu bagian hukum Pemda menginisiasi program Dangisa ini,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, Penerapan DANGISA menggunakan metode peer tutoring yang dalam dunia pendidikan dikenal dengan metode teman sejawat.

“Jadi seperti dalam dunia pendidikan, yaitu metode pembelajaran dengan bantuan salah seorang Sangadi yang kompeten dan menguasai materi yang bertindak sebagai Dangisa. Nah, dia inilah yang akan mengajar Sangadi lainnya,” tukasnya.

Terkait dengan SI-PATOKAAN, Bupati Iskandar menerangkan resiko pernikahan dini dapat mengakibatkan dampak buruk terhadap remaja.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Diskominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X