• Kamis, 8 Desember 2022

Kisah Ajaran Syekh Siti Jenar yang Menjadi Perdebatan

- Senin, 21 Maret 2022 | 16:40 WIB
Syekh Siti Jenar (Youtube @Elfiq Chanel)
Syekh Siti Jenar (Youtube @Elfiq Chanel)

INDEPENDENSIA - Kisah ajaran Syekh Siti Jenar atau Manunggaling kawula Tuhan. Ajaran Syekh Siti Jenar yang menjadi kontroversi, adalah Manunggaling kawulo Gusti.

Konsep ajaran tersebut, terdengar oleh para Wali dan dianggap sebagai konsep yang menyimpang dari ajaran Islam, sehingga digelarlah pertemuan para Wali dan sejumlah tokoh penting di istana Argapura Giri atau yang sekarang disebut dengan Gresik.

Dilansir dari kanal youtube @ Elfiq Chanel dengan artikel " Ajaran Syekh Siti Jenar Manunggaling kawula ing gusti".

Baca Juga: Ternyata Inilah yang Membuat Sarang Walet Mahal Dengan Harga Puluhan Juta

Pada pertemuan itu, telah hadir Sunan Kalijaga, Sunan Ampel, Sunan Kudus, Sunan Bonang, Syekh Bentong, Penambahan Madura, Pangeran Palembang dan tentu Syekh Siti Jenar.

Pertemuan diawali dengan sesi bertukar pikiran, dimana para tokoh dan wali memaparkan pengetahuan serta pemahaman mereka terkait dengan agama Islam.

Dan hal lainnya pada pertemuan tersebut, bermula ketika Syekh Siti Jenar mendapatkan giliran untuk berargumen, saat itu dengan tegas Syekh Siti Jenar berucap, 'menyembah Allah dengan bersuci hukumnya, pada dasarnya sama dengan Allah dan yang menyembah maupun yang disembah, dengan demikian hamba lah yang berkuasa dan yang menghukum hamba juga'.

Baca Juga: Berikut Pemilihan Pakan Alternatif untuk Ayam Arab Petelur

Argumentasi tersebut, sontak membuat beberapa orang di dalam forum berdiri menuding bahwa Syekh Siti Jenar telah berdosa, karena menyimpang terlalu jauh dari agama dan menganggap dirinya sama dengan tuhan.

Halaman:

Editor: Widodo Mahaputra

Sumber: youtube @ Elfiq Chanel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah Singkat Kerajaan Banggai

Kamis, 20 Januari 2022 | 06:05 WIB

Terpopuler

X