• Kamis, 8 Desember 2022

Mengenal Imam Malik, Pencetus Kajian Dasar Hukum Hadits

- Selasa, 1 Maret 2022 | 22:26 WIB
Ilustasi mengenal imam Malik, pencetus kajian hukum hadits
Ilustasi mengenal imam Malik, pencetus kajian hukum hadits


INDEPENDENSIA - Pasca wafatnya Nabi Muhammad SAW, penyebaran Islam dilanjutkab oleh para sahabat Nabi dan berlanjut ke generasi setelahnya, yaitu para tabi’in.

Sebagaimana dikutip dalam artikel Ustadz Muhammad Iqbal Syauqi, pegiat kajian hadits dan alumnus fakultas kedokteran UIN Syarif Hidayatullah menuliskan bahwa, jaran-ajaran Nabi yang belum secara rapi dan sistematis disampaikan para sahabat yang juga menyebar ke berbagai daerah di luar Mekkah dan Madinah melalui penyampaian hadits tanpa sistematika.

Baca Juga: Biografi Lengkap Hasyim Asy'ari, Dzuriat Rasul yang Tidak Menggunakan Gelar Habib

Sebagai contoh, sahabat Anas bin Malik RA yang menetap di Basrah, menjadi guru salah satu tabiin kenamaan bernama Hasan Al-Bashri.

Penyampaian ajaran Nabi ini pun berlanjut ke generasi tabi’ut tabi’in. Kendati beberapa hadits telah dicatat oleh para sahabat, sebagaimana dikumpulkan dalam catatan-catatan shahifah para sahabat, hadits-hadits Nabi tersebut belum tersusun sistematis.

Generasi ketiga ini, memulai tradisi penyusunan kitab mushannaf berdasarkan masalah-masalah hukum dan ibadah.

Salah satu tokoh tradisi penyusunan kitab mushannaf yang terkemuka adalah Imam Malik bin Anas (wafat 179 H), melalui kitabnya Al-Muwaththa’.

Penyusunan kitab hadits ini berdasarkan hukum-hukum fiqih. Selain berdasarkan hadits Nabi, Imam Malik bin Anas juga merujuk komentar para sahabat maupun tabiin, para ulama di Madinah, atau pendapat dari Imam Malik bin Anas sendiri.

Baca Juga: Penangkapan Ikan Purba Coelacanth yang Punah 65 Juta Tahun Silam Gegerkan Manado, Begini Kisahnya

Perlu dicermati mushannaf acap kali mencantumkan hadits-hadits yang sanadnya tidak lengkap, menggunakan keterangan sahabat atau tabiin, atau langsung menyandarkan riwayat kepada Nabi.

Halaman:

Editor: Irfani Alhabsy

Sumber: Ustadz Muhammad Iqbal Syauqi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah Singkat Kerajaan Banggai

Kamis, 20 Januari 2022 | 06:05 WIB

Terpopuler

X