• Kamis, 8 Desember 2022

Penangkapan Ikan Purba Coelacanth yang Punah 65 Juta Tahun Silam Gegerkan Manado, Begini Kisahnya

- Senin, 28 Februari 2022 | 08:07 WIB
Hasil tangkapan nelayan yang awalnya diduga Coelacanth.
Hasil tangkapan nelayan yang awalnya diduga Coelacanth.

 

INDEPENDENSIA - Memancing adalah sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian orang. Menurut orang-orang yang senang dengan hobi ini, banyak hal yang tidak terduga bisa didapatkan saat memancing. 

Seperti halnya yang dialami seorang nelayan di Provinsi Sulawesi Utara pada 19 Mei 2007. Nelayan tersebut berhasil menangkap ikan yang diduga ikan Coelacanth.

Ikan tersebut telah diyakini punah sejak 65 juta tahum silam namun kembali ditemukan perairan provinsi yang beribu kotakan Manado itu. 

Baca Juga: Fakta Tersembunyi Dari Pria yang Berzodiak Aries

Awalnya para peneliti mengira spesies yang ditemukan ini sama dengan yang ditemukan di Afrika Selatan, tapi setelah di tes DNA barulah diketahui kalau ikan ini berbeda.

Sehingga diberi nama baru yaitu Latimeria Menadoensis karena ditemukan di wilayah perairan Kota Manado. memiliki panjang 1,2 meter dengan berat 29 kg ditambah wajahnya yang garang yang memangsa ikan-ikan kecil yang hidup di perairan dalam, gak heran kalo ikan ini juga kemudian dinamai sebagai ikan raja laut.

ikan ini sebenarnya masih bisa ditemukan di sekitar perairan laut Sulawesi terutama di sekitar Pulau Manado tua perairan Malalayang Manado dan di perairan talise Minahasa Utara, itu pun mereka hanya bisa hidup pada kedalaman lebih dari 180 meter dengan suhu maksimal 18 derajat Celcius.

Baca Juga: 2 Jenis Penyakit Cacingan Kambing di Indonesia

Saking susahnya ditemukan sampai sampaikan ini udah tercatat dalam daftar dengan kategori terancam kritis, namun yang pasti berkat penemuan tangkapan nelayan ini ikan ini pun berhasil keluar dari daftar hewan punah.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah Singkat Kerajaan Banggai

Kamis, 20 Januari 2022 | 06:05 WIB

Terpopuler

X