Wali Setan Menurut Ustadz Firanda, Simak Kisah Sunan Kalijaga Agar Tidak Gagal Paham

- Rabu, 12 Januari 2022 | 03:11 WIB
Ilustrasi Sunan Kalijaga (YouTube @Kisah Inspiratif)
Ilustrasi Sunan Kalijaga (YouTube @Kisah Inspiratif)

INDENPENDESIA - Masyarakat Indonesia ramai membahas, ceramah ustadz Firanda Andirja yang mengatakan Sunan Kalijaga adalah wali setan, sontak pernyataan itu menimbulkan kesan penghinaan, terhadap salah satu wali songo yang telah berjasa menyebarkan dan mengajarakan agama Islam.

Dalam video yang tersebar diberbagai media sosial itu, sebelum menyebut Sunan Kalijaga adalah wali setan, diawali dari pertanyaan dari jamaah, yang ditujukan kepada ustadz Firanda. pertanyaan itu adalah apakah wali songo yang dulu itu termasuk wali Allah?

“Apabila melihat dalam sebuah film, bagaimana Sunan Kalijaga menjadi wali, dia pergi di pigir kali, kemudian dia bertapa kan, bertapa sampai badannya penuh lumut, dia tidak sholat, tidak makan, kemudian tiba-tiba dia menjadi wali, kalu begitu jadi wali, itu wali setan," jawab Ustadz Firanda, dikuti Indenpendesia.com dari video yang beredar di media sosial.

Baca Juga: Menurut Feng shui, Ini Pekerjaan Cocok Bagi Unsur Lahir Tanah

Jika ustad Firanda memahami sejarah, kisah dalam film tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya, namun karena sudah beredar bertahun-tahun sehingga sudah tertanam di masyarakat bahwa kisah itu benar.

Simak kisah sunan Kalijaga, yang dilansir indenpendensia.com dari buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), yang di terbitkan Direktorat Pendidikan Islam, Kementrian Agama RI tahun 2016.

Silsilah Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga diperkirakan lahir pada tahun 1450 M dengan nama Raden Said.
Dia adalah putra adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur. Nama lain Sunan Kalijaga antara lain Lokajaya, Syaikh Malaya, Pangeran Tuban, Ki Dalang Sida Brangti dan Raden Abdurrahman. Nama-nama tersebut memiliki kaitan
erat dengan sejarah perjalanan hidup tokoh Walisongo ini dari sejak bernama Said,
Lokajaya, hingga Sunan Kalijaga.

Baca Juga: Game Pokemon Lagends Rilis 28 Januari 2022? Ini Bocorannya
Kakek Sunan Kalijaga yang bernama Aria Teja, nama aslinya adalah Abdurrahman,
orang keturunan Arab. Karena berhasil mengislamkan Adipati Tuban yang bernama Aria Dikara, Abdurrahman mengawini putri Aria Dikara. Ketika menggantikan kedudukan mertuanya sebagai Bupati Tuban, Abdurrahman menggunakan nama Aria Teja. Dari perkawinan dengan putri Aria Dikara ini, Aria Teja memiliki putra bernama Aria Wilatikta.

Halaman:

Editor: Paisal Tuliabu

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Sejarah Singkat Kerajaan Banggai

Kamis, 20 Januari 2022 | 06:05 WIB

Terpopuler

X