• Jumat, 20 Mei 2022

Banyak yang Kaya Gegara Bisnis Kerang Mutiara, Begini Cara Budidayanya

- Rabu, 4 Mei 2022 | 09:00 WIB
Cara bisnis kerang mutiara.
Cara bisnis kerang mutiara.

INDEPENDENSIA - Mutiara adalah salah satu jenis perhiasan yang didapatkan dari salah satu jenis hewan yang terdapat di laut, yang bernama kerang. Harga mutiara di pasaran sangat mahal, oleh karena itu saat ini banyak orang yang mencoba mengembangkan budidaya kerang mutiara.

Mutiara dihasilkan oleh kerang dan tersimpan di antara dua cangkang keras yang berfungsi sebagai pelindung bagi hewan tersebut. Cangkang yang sangat keras tersebut terbentuk dari zat kapur yang berasal dari epithel luar. Bentuk dari cangkang tersebut tidak simetris dan memiliki pola garis-garis.

Baca Juga: Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan


Klasifikasi Kerang Mutiara

Klasifikasi kerang mutiara menurut para ahli yaitu bahwa hewan ini berasal, dari spesies Pinctada Maxima dengan genus Pinctada. Hewan ini berasal dari family Pteridae, ordo Anysomyaria, dan dari klas Pelecypoda. Kerang mutiara juga diketahui berasal dari philum Mullusca, sub kingdom Invertebrata atau hewan tak bertulang belakang, dan dari kingdom Animalia.

 

Proses Pembentukan Mutiara

Proses pembentukan mutiara di dalam kerang sebenarnya diawali dengan masuknya irritant yang berupa benda padat ke dalam cangkang dan mantel kerang mutiara. Menurut beberapa sumber, irritant yang dimaksud yaitu bisa berupa pasir laut ataupun benda-benda padat lainnya.

Selanjutnya irritant yang masuk ke mantel kerang mutiara akan terbungkus oleh nacre dan menjadi mutiara yang harganya sangat mahal. Proses tersebut membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum kerang yang sangat bernilai bisa didapatkan.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Budidaya Tikus Putih

Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Katak untuk Keperluan Ekspor

Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB

Tata Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Ikan Lele

Rabu, 27 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Marmut Sebagai Lahan Bisnis Baru

Selasa, 26 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X