• Kamis, 8 Desember 2022

Bisnis yang Potensial, Begini Cara Budidaya Tiram Mutiara

- Senin, 2 Mei 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi Budidaya Kerang Mutiara.
Ilustrasi Budidaya Kerang Mutiara.


INDEPENDENSIA - Budidaya mutiara adalah salah satu peluang bisnis yang cukup potensial. Mutiara memiliki bentuk yang indah dan harga yang cukup mahal di pasaran. Meskipun mutiara dibentuk secara alami oleh alam, namun peran manusia juga yang ikut mempengaruhi kualitas mutiara tersebut.

Manusia yang harus menyeleksi kerang-kerang terbaik yang akan disisipi bibit mutiara. Meskipun begitu, kualitas mutiara hasil budidaya manusia ternyata masih sangat minim dibandingkan jenis mutiara lainnya.

Baca Juga: Cara Budidaya Daphnia untuk Pakan Ikan yang Menyehatkan


Memasang Kolektor

Untuk memulai budidaya mutiara, yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bibit kerang mutiara terlebih dahulu. Untuk menemukan bibit tersebut, bisa dilakukan dengan cara menggunakan perangkap larva yang diletakkan tersebar di laut. Model kolektor untuk perangkap ini bisa terbuat dari berbagai bahan, seperti sabut kelapa, ijuk, plastik dan kain.

Cara kerja kolektor ini cukup sederhana. Kolektor tersebut digunakan sebagai tempat menempel untuk larva kerang mutiara yang telah berkembang menjadi spat. Kolektor ini dipasang pada sarana apung. Untuk lama perendamannya tergantung pada tingkat pertumbuhan spat tersebut. Pada umumnya, lama perendaman lebih dari dua bulan.

Setelah didapat spat yang diinginkan, kemudian kolektor dibersihkan dari kotoran. Terkadang bukan hanya spat dari larva kerang mutiara saja yang menempel, namun juga spat dari organisme lain dan beberapa kotoran yang ikut menempel.

Spat kerang mutiara memiliki kondisi yang cukup rentan. Oleh karena itu, pastikan jika proses pengambilan dilakukan secara hati-hati.

Cara pengambilan spat yang benar adalah dengan memotong byssus, bukan dengan menarik paksa spat sampai keluar. Segera lakukan pemindahan dengan cepat karena spat cukup sensitif dengan perbedaan suhu di luar air. Gunakan kotak panel yang memiliki ruang yang cukup sebagai tempat pemindahan spat kerang mutiara.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Budidaya Tikus Putih

Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Katak untuk Keperluan Ekspor

Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB

Tata Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Ikan Lele

Rabu, 27 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Marmut Sebagai Lahan Bisnis Baru

Selasa, 26 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X