• Jumat, 20 Mei 2022

Cara Budidaya Tikus Putih

- Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi para pembudidaya tikus putih.
Ilustrasi para pembudidaya tikus putih.


INDEPENDENSIA - Berternak tikus putih bisa sangat memberikan peluang usaha yang tak kalah dengan ternak hewan lainnya asal anda tahu cara ternak tikus. Banyak yang tergiur dengan budidaya tikus putih ini karena menurut para pelaku ternak, budidaya tikus itu mudah perawatannya serta modal yang dibutuhkan sedikit.

Tikus gampang beranak pinak serta tiap bulan bisa panen. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus indukan tikus putih pun cukup singkat setiap harinya sehingga jika Anda memiliki kesibukan lain, ini bisa menjadi sampingan saja dan tidak menyita waktu anda tentunya.

Satu indukan tikus saja bisa melahirkan sampai 12 anak tikus dan kehamilan tikus hanya 20 hari saja. Jika Anda memiliki indukan banyak, pastinya anda akan menghasilkan banyak sekali tikus setiap bulannya.

Anda tinggal mengkalkulasi berapa hasil dari ternak tikus anda tersebut. Sebelum mulai ternak tikus, ada baiknya anda mencoba mengenal cara budidaya terlebih dahulu mengenai tikus putih dan juga cara memelihara tikus jenis ini dengan benar.

Baca Juga: Banyak Program yang Sukses Dijalankan, Rianti Laselo Maju Lagi Dalam Pilsang Desa Tangagah

Kandang Tikus

Kandang tikus adalah yang paling penting untuk diperhatikan dalam teknik budidaya sebelum membeli bibit tikus. Kandang harus selalu terjaga kebersihannya. Gunakan kandang dengan ukuran 60cm x 50cm berupa kotak plastic tentunya.

Jika semakin besar ukurannya anda bisa menggunakan tutup dari kawat. Kandang perlu diberi alas yang memang tersedia dalam berbagai pilihan seperti kertas, sekam, serbuk gergaji maupun zeolit aktif.

Zeolit aktif merupakan yang paling mahal pembiayaannya namun untuk tikus unik, zeolit ini adalah alas kandang yang paling tepat. Selain menyerap baud an air, zeolit aktif bisa dibersihkan, dicuci dan dipakai lagi.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Budidaya Tikus Putih

Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Katak untuk Keperluan Ekspor

Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB

Tata Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Ikan Lele

Rabu, 27 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Marmut Sebagai Lahan Bisnis Baru

Selasa, 26 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X