• Kamis, 8 Desember 2022

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

- Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB
DAUN SIRIH (R.HANA)
DAUN SIRIH (R.HANA)


INDEPENDENSIA - Anda pasti mengenal daun sirih yang memiliki banyak sekali manfaatnya. Baik itu untuk menjaga kesehatan mulut maupun untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan wanita. Berikut ini ada ulasan mengenai cara budidayatanaman sirih yang bisa anda aplikasikan.

3 Teknik Budidaya Tanaman Sirih

Perlu diketahui bahwa teknik budidaya yang bisa dilakukan ada 3 macam. Teknik tersebut antara lain adalah stek, runduk, dan stek air. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, 3 cara tanam yang direkomendasikan diatas harus anda lakukan dengan benar.

Cara Menanam Sirih dengan Metode Stek

Bagi anda yang ingin menggunakan cara menanam stek, inilah langkah yang harus dilakukan. Cara ini terbilang sebagai cara yang paling mudah. Pertama, siapkan media tanam untuk stek yaitu tanah, pasir dan juga pupuk kompos.

Pastikan perbandingan untuk bercocok tanam menggunakan media tersebut memiliki jumlah yang tepat yaitu perbandingan 3:1:3. Setelah itu masukan bahan yang anda siapkan tersebut kedalam polybag yang berdiameter 10 cm.

Baca Juga: Ternyata Temulawak Bagus untuk Bisnis, Begini Cara Budidayanya

Media penanaman untuk tanaman sirih ini harus lubangi terlebih dahulu bagian bawahnya. Setelah itu untuk melakukan penanaman, anda harus menyediakan batang sirih yang usianya sudah tua. Potong batang sirih tersebut kira-kira dua ruas kemudian rendam batang ini kedalam air biasa kira-kira 15 menit. Setelah itu angkatlah dari rendaman.

Lalu masukan hasil stek ini kedalam media tanam yang akan disediakan. Ini nantinya akan menjadi bakal dari pohon sirih yang baru. Pastinya anda juga harus melakukan perawatan yang tepat untuk tanaman ini. Tanamlah tanaman ini di media yang teduh dan selalu analisa pertumbuhannya setiap harinya. Jika anda menemukan adanya infeksi atau serangan dari hama, segelalah gunakan pestisida atau bakterisida agar infeksi yang terjadi tidak semakin parah.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Budidaya Tikus Putih

Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Katak untuk Keperluan Ekspor

Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB

Tata Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Ikan Lele

Rabu, 27 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Marmut Sebagai Lahan Bisnis Baru

Selasa, 26 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X