• Kamis, 8 Desember 2022

Kumis Kucing Ternyata Berlimpah Manfaat, Begini Cara Budidayanya

- Rabu, 20 April 2022 | 09:00 WIB
Kumis kucing termasuk tanaman berkhasiat obat dengan tampilan bunga dan daun yang khas.  (Foto: Sulistyanto)
Kumis kucing termasuk tanaman berkhasiat obat dengan tampilan bunga dan daun yang khas. (Foto: Sulistyanto)


INDEPENDENSIA - Tanaman kumis kucing (Orthosiphon Stamineus Benth) adalah salah satu tanaman obat yang memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan.

Banyaknya khasiat tanaman obat kumis kucing ini kemudian mendorong banyak orang yang ingin mencoba melakukan budidaya kumis kucing. Berikut terdapat pedoman budidaya kumis kucing.

Syarat Tumbuh Kumis Kucing

Ada beberapa list syarat tumbuh tanaman obat kumis kucing agar tanaman obat kumis kucing dapat tumbuh dengan baik. Ketinggian tempat yang ideal untuk tanaman obat kumis kucing ini adalah daerah dataran rendah yaitu sekitar 1000 m dpl.

Kemudiana untuk curah hujan yang paling tepat unttuk daerah/ lokasi penanaman tanaman obat kumis kucing adalah sekitar 3000 mm/ tahun atau daerah dengan iklim tropis. Solum tanah yang baik untuk tanaman kumis kucing adalah solum tanah yang tebal.

Baca Juga: Cara Budidaya Udang Windu, Cocok untuk Ekspor

Tanaman kumis kucing ini akan tumbuh baik pada media tanam yang tidak dinaungi (sebaiknya tanaman sering terkena sinar matahari agar pertumbuhannya lebih optimal).

Anda perlu menyiapkan jenis tanah yang gembur dan subur serta banyak mengandung banyak humus untuk dijadikan media tanam tanaman obat kumis kucing anda. Tanah jenis ini akan menjadi media yang sempurna bagi bibit-bibit tanaman kucing yang akan ditanam.

Dalam menanam bibit-bibit tanaman kumis kucing, anda bisa menggunakan teknik stek karena teknik ini merupakan teknik yang paling umum untuk mendapatkan bibit-bibit unggul tanaman kumis kucing.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Budidaya Tikus Putih

Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Katak untuk Keperluan Ekspor

Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB

Tata Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Ikan Lele

Rabu, 27 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Marmut Sebagai Lahan Bisnis Baru

Selasa, 26 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X