• Jumat, 20 Mei 2022

Ternyata Lumut Bisa Bernilai Ekonomis, Begini Cara Budidayanya

- Senin, 18 April 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi Lumut (pixabay)
Ilustrasi Lumut (pixabay)


INDEPENDENSIA - Lumut merupakan jenis tanaman yang paling sering dijumpai pada tempat yang lembab dan paling sering terkena air. Lumut banyak hidup pada sebuah lingkungan yang berair yang ada di permukaan bumi. Lumut dapat hidup di paparan sinars matahari yang cukup.

Manfaat Budidaya Lumut

Lumut juga dapat hidup di air tawar. Lumut banyak digunakan untuk memancing. Selain itu, lumut juga bisa digunakan sebagai bahan panganan. Karena lumut banyak mempunyai manfaat, maka lumut saat ini seringkali menjadi salah satu tanaman yang dibudidayakan.

Cara budidaya lumut yang mudah membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya dan menjadikan lumut sebagai peluang bisnis yang lain. Budidaya tumbuhan lumut ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Terdapat dua macam cara budidaya lumut.

Baca Juga: Ternyata Temulawak Bagus untuk Bisnis, Begini Cara Budidayanya

Cara Budidaya Lumut

Cara pertama yaitu dilakukan dengan cara terbuka, dimana tanaman lumut dapat ditanam ditempat terbuka. Menanam lumut ditempat terbuka dan juga ekstensif bisa dilakukan seperti pada perairan air tawar, sebuah danau, kolam atau kanal.

Sedangkan cara kedua yaitu dengan cara tertutup. cara tertutup biasa dilakukan pada naungan kolam, kanal atau bak yang menggunakan media plastik atau mengatur pada suplai nutrisi.

Terdapat cara tertutup lain yaitu dengan cara photobioreactor. Cara ini tebilang jauh lebih efisien karena dikembangkan dengan cara yang terbilang unik, yaitu lumut dikembangkan pada sebuah tangki reaktor dan diberi tambahan energi buatan.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Budidaya Tikus Putih

Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Katak untuk Keperluan Ekspor

Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB

Tata Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Ikan Lele

Rabu, 27 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Marmut Sebagai Lahan Bisnis Baru

Selasa, 26 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X