• Jumat, 20 Mei 2022

Ternyata Temulawak Bagus untuk Bisnis, Begini Cara Budidayanya

- Minggu, 17 April 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi. Begini cara budidaya temulawak.
Ilustrasi. Begini cara budidaya temulawak.


INDEPENDENSIA -Tanaman temulawak adalah tanaman yang berfungsi sebagai obat sehingga membudidayakan tanaman ini tentu saja memberikan peranan yang penting bagi para petaninya, berikut ini ada info seputar cara budidaya tanaman temulawak yang tepat.

Proses teknik budidaya tanaman temulawak dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap tersebut harus dilakukan mulai dari pemilihan bibit tanaman temulawak, kemudian pemilihan lahan, penanaman tanaman temulawak, pemeliharaan dari serangan hama, dan pemanenan.

Pemilihan bibit temulawak yang baik adalah dengan menggunakan bakal bibit yang berumur 10 sampai dengan 12 bulan. Bibit rimpang induk maupun bibit rimpang cabang harus diolah terlebih dahulu dengan cara dibelah menjadi 4 bagian.

Masing-masing bagiannya harus mengandung dua hingga tiga mata tunas dan dijemur selama 2 sampai dengan 4 jam selama 4 sampai dengan 6 hari. Setelah selesai, barulah rimpang bisa anda tanam.

Baca Juga: Sukses Berbisnis Budidaya Kucing Persia, Dapatkan Keuntungan Berlipat Ganda

Pemilihan Bibit dan Langkah Penanaman

Berikut ini adalah cara tanam yang harus anda persiapkan di awal yaitu memilih bibit terlebih dahulu. Bibit yang harus anda gunakan haruslah bibit yang baik dan diperoleh secara vegetative dari induknya dengan menggunakan rimpang induk. Bakal bibit juga harus sehat dan memiliki ukuran yang pas.

Ketika bercocok tanam temulawak, anda harus membuat lubang tanam yang berukuran 30 x 3 cm yang mana kedalamannya adalah 50 cm. Jarak antara setiap lubang adalah 60 x 60 cm. Lalu masukan satu bibit kedalam lubang tanam sedalam 10 cm.

Cara menanam tanaman temulawak dilakukan secara monokultur dan akan lebih baik dilakukan jika pada saat awal musim hujan. Tanaman temulawak termasuk tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak sehingga pengairan yang dilakukan harus rutin.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Budidaya Tikus Putih

Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Katak untuk Keperluan Ekspor

Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB

Tata Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Ikan Lele

Rabu, 27 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Marmut Sebagai Lahan Bisnis Baru

Selasa, 26 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X