• Senin, 15 Agustus 2022

Cara dan Proses Budidaya Lobster yang Efektif

- Minggu, 3 April 2022 | 17:43 WIB
Ilustrasi benih lobster. Berikut cara dan proses pembenihannya. (: Istimewa)
Ilustrasi benih lobster. Berikut cara dan proses pembenihannya. (: Istimewa)


INDEPENDENSIA - Lobster merupakan salah satu spesies air yang telah banyak dibudayakan di Indonesia karena komoditi ini telah membawa banyak keuntungan meskipun masih perlu adanya peningkatan dalam hal teknologi didalamnya.

Hewan air yang memiliki beberapa ciri, seperti permukaan tubuh yang sangat keras serta tertutup oleh banyak duri, memiliki ruas abdomen yang keras, dua pasang antena serta memiliki ekor yang melebar ini semakin banyak diminati banyak orang.

Baca Juga: Cara dan Proses Pembenihan Udang Vannamei hingga Panen

Perawatan Induk Lobster

Di dalam proses perawatan induk lobster, pertama kali yang harus dilakukan adalah pemilihan dan penyortiran induk itu sendiri karean kualitas dari induk jantan dan betina akan sangat berpengaruh pada hasil anakan yang dihasilkan kemudian. Induk yang dipilih adalah yang telah berusia 6-7 bulan serta memiliki panjang tubuh 12 cm sampai dengan 15 cm.

Beberapa ciri induk dengan kualitas bagus adalah induk yang memiliki warna cerah, mempunyai nafsu makan yang tinggi dan gerakan yang sangat lincah. Di samping itu, anda juga harus memperhatikan jenis kelamin lobster tersebut karena ditakutkan anda memilih induk yang memiliki kelamin ganda.

Baca Juga: Cara Melakukan Pembenihan Udang Galah

Dalam proses ini, anda juga harus memperhatikan kolam perawatan yang digunakan untuk memisahkan induk jantan dan induk betina dengan menjaga komposisi luas kolam atau akuarium yang digunakan sehingga sebanding dengan jumlah ikan didalamnya. Anda dapat menggunakan akuarium dengan ukuran 1 x 0,5 x 0,4 m dengan kedalaman air 10-20 cm untuk menampung 8 ekor induk.

Pemisahan induk jantan dan betina memang sengaja dilakukan agar tidak terjadi perkawinan yang tidak diinginkan sehingga bibit yang dihasilkan menjadi buruk. Kemudian, dalam pemberian pakan, terdapat porsi yang harus dipatuhi yaitu 3% dari berat total calon induk.

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Budidaya Tikus Putih

Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Katak untuk Keperluan Ekspor

Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB

Tata Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Ikan Lele

Rabu, 27 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Marmut Sebagai Lahan Bisnis Baru

Selasa, 26 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X