• Senin, 15 Agustus 2022

Cara Budidaya Belimbing Manis dan Cara Menanamnya

- Kamis, 31 Maret 2022 | 08:21 WIB
Foto buah belimbing. (PIXABAY/Chrisad85)
Foto buah belimbing. (PIXABAY/Chrisad85)

INDEPENDENSIA - Untuk melakukan budidaya belimbing manis ada beberapa tahapan yang harus dilakukan supaya mendapatkan hasil yang maksimal, tahapan-tahapan itu aialah: pengolahan tanah, penyiapan bibit, penanaman, pemeliharaan tanaman, pemangkasan cabang, pembungaan dan kerontokan, dan penjarangan buah.

Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah merupakan langkah awasl sebelum melakukan tahapan-tahapan yang lainnya, hal ini dimaksudkan supaya lahan lebih gembur, membersihkan gulma, dan memper baiki aerasi tanah supaya lebih subur.

Tanah diolah dengan dicangkul atau dibajak oleh alat tradisional maupun memakai mesin traktor. Setelah pembajakan dibuat lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm. jarak antara lubang 5 m x 6 m, dan buat selokan dari sisa lahan.

Memisahkan tanah galian lapisan atas dengan lapisan bawah setebal 25-30 cm. tiap lubang diisi pupuk kompos yang sudah matang sebanyak 40 kg. campur pupuk dengan tanah lapisan bawah yang ada di pinggir lubang. Biarkan lubang tanam selama 1-3 minggu.

Baca Juga: Cara Budidaya Apel Dengan Teknik Potong Akar

Penyiapan Bibit

Bibit diusahan berasal dari varietas unggul, bibit yang akan di tanam merupakan hasil dari perbanyakan secara vegetative, misalnya dengan okulasi dan sambung pucuk, mulus, tidak cacat dan tidak bercampur dengan varietas lain, dan tentunya harus bebas dari penyakit.

Varietas unggul memiliki ciri seperi, buahnya bermutu tinggi, manis rasanya, produksinya tinggi, mampu beradaptasi di lokasi baru, tahan stress dan tahan terhadap penyakit.
Penanaman

Halaman:

Editor: Suprianto Suwardi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Budidaya Tikus Putih

Sabtu, 30 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Katak untuk Keperluan Ekspor

Jumat, 29 April 2022 | 09:00 WIB

Tata Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Ikan Lele

Rabu, 27 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Budidaya Marmut Sebagai Lahan Bisnis Baru

Selasa, 26 April 2022 | 09:00 WIB

Cara Menanam Sirih untuk Keperluan Obat-obatan

Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB

Terpopuler

X