Lahan Tanam Jadi Sarang Hama dan Penyakit, Nih Klon Kakao yang Cocok Ditanam

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 18:41 WIB
Klon jenis DRC 15 dan Sca 6
Klon jenis DRC 15 dan Sca 6

INDEPENDENSIA – Tanaman Kakao identik dengan penyakit Vascular Streak Dieback (VSD) serta berbagai macam hama.

 

Penyakit VSD sendiri bisa menyerang tanaman Kakao mulai dari bibit hingga tanaman dewasa.

 

Bahkan, tanaman Kakao (Theobroma Cacao L) yang terkena VSD akan meranggas, kemudian mati secara perlahan.

 Baca Juga: Kenali Penyebab Turunnya Produksi Telur

Nah, untuk menghadapinya, kini ada klon baru yang tahan terhadap VSD yakni Sca 6 dan DRC 15. Kedua klon ini telah melewati pengujian dari Pusat Penelitian asal di Jember, yang ditanam di daerah endemic VSD bersama klon-klon unggul lainnya, seperti DRC 16 dan GC7 sebagai klon pembanding. Hasilnya kedua klon tersebut tetap bertahan sedangkan klon pembanding tumbuh meranggas dan akhirnya mati.

 

Klon Sca 6 merupakan hasil introduksi Botanic Garden Kew, Inggris. Bahan tanaman hasil introduksit tersebut diperbanyak di kebun Adolina dan Bah Lias, kemudian sebagian ditanam di kebun koleksi plasma nutrah Kakao, kebun percobaan Kaliwining, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao.

 Baca Juga: Bisa Sebabkan Kematian, Waspada Penyakit Tetelo Pada Lovebird, Berikut Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

DRC 15 sendiri diperoleh dari hasil persilangan yang telah dilakukan sejak tahun 1912. Diturunkan dari famili klon DR 53.

 

Meski demikian, kedua klon memiliki sedikit kelemahan jika dibandingkan dengan klon unggul lainnya. Potensi produksi Sca 6 dan DRC 15 diperkirakan hanya 1,5 ton per hektar per tahun. Hasil ini jauh lebih rendah dibandingkan DRC 16 yang bisa mencapai 2,1 ton per hektar pertahun serta GC 7 bisa mencapai 2,3 ton pektar pertahun.

 

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Sumber: benihperkebunan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X