Bye-Bye Kutu Kebul! Basmi Hama Tanaman dengan Pestisida Alami dari Bahan Dapur

- Rabu, 5 April 2023 | 07:00 WIB
Rahasia Mengusir Kutu Kebul dengan bahan alami dari dapur.
Rahasia Mengusir Kutu Kebul dengan bahan alami dari dapur.

INDEPENDENSIA.com - Hayo siapa yang pernah merasakan betapa menjengkelkannya ketika tanaman kesayangan yang kita pelihara dengan susah payah diserang oleh hama kutu putih?

Serangannya yang sangat merusak bahkan bisa menyebabkan gagal panen dan kerusakan pada pertumbuhan tanaman.
Tapi jangan panik dulu, karena di artikel ini akan diberikan solusi untuk mengatasi hama kutu putih dengan bahan alami yang mudah didapat di rumah.

Kutu putih adalah hama kecil yang menyerang hampir semua bagian tanaman, seperti batang, bunga, buah, daun, dan ranting.

Namun, yang paling sering diserang adalah daun. Jika bunga dan buah muda diserang, maka akan mengering dan gugur. Sedangkan buah dewasa akan mengalami hambatan pertumbuhan sehingga berkerut dan matang sebelum waktunya.

Baca Juga: Rahasia Kesehatan Kulit dan Darah: Resep Jamu Pahitan Brotowali untuk Atasi Jerawat dan Diabetes!

Kutu putih mempunyai masa hidup berkisar antara 48-57 hari dan dewasa memiliki warna merah muda dengan bentuk oval.

Badannya tertutup berupa tepung putih berlilin dengan mata relatif berkembang dan tungkai berkembang biak dengan ukuran yang sama.

Sekilas, hama ini mungkin tidak terlihat berbahaya, tetapi jika dibiarkan, kutu putih dapat menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada tanaman kesayangan kita.

Awal mula kutu putih berasal dari kawasan Amerika Selatan dan pada sekitar awal tahun 1970-an mulai menyebar ke kawasan Afrika. Kemudian, hama ini berkembang pesat dan menyerang tanaman ubi kayu.

Baca Juga: Klasifikasi Tanaman Sayur: Tomat dan Cabai, Buah atau Sayur?

Serangan hama kutu putih biasanya terjadi pada musim kering dan dapat menyebabkan gagal panen serta kerusakan pada tanaman, seperti daun yang mengkerut, pucuk yang mengerdil, dan gangguan pada pertumbuhan tanaman.

Tanaman yang sering diserang kutu putih adalah tanaman cabe, kubis, melon, kapas, wortel, ubi jalar, tomat, labu, mentimun, terong, okra, buncis, kacang-kacangan, brokoli, kembang kol, dan sayuran lainnya.

Tapi jangan khawatir, karena kita bisa mengusir kutu putih dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat di rumah.

Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran cabai rawit dan bawang putih yang telah dihaluskan dan dicampurkan dengan air.

Halaman:

Editor: Antho Daeng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ide Bisnis Makanan Modal Murah Berbahan Dasar Kentang

Minggu, 27 Agustus 2023 | 10:37 WIB
X